Sabtu, 03 November 2012

Sastra itu indah


Secara bahasa sastra merupakan tulisan yang indah. Sastra akan membuat seseorang menjadi pribadi yang berani dan bijaksana karena sebuah tulisan atau tulisan yang ddikomunikasikan (film) dapat menjadi suatu lahan dakwah. Sastra dapat memimpin karena dapat mempengaruhi pikiran dan sudut pandang seseorang. Sastra merupakan ekspresi diri, menuangkan semua ide dan gagasan. Sastra akan mengenal berbagai karakter tulisan.

Pertemuan pertama ini, mba Nila menjelaskan tentang resensi. Resensi merupakan ulasan ulang yang dilakukan seseorang pada suatu karya sastra. Tujuan dari pembuatan resensi ini adalah untuk mengenalkan atau menceritakan kepada masyarakat tentang isi suatu buku atau karya tulis. Resensi akan membuat masyarakat tahu apa isi buku tersebut secara umum sebelum mereka membelinya. Biasanya, resensi ditulis di surat kabar, katalog buku, artikel online, dan lain-lain.

Resensi dapat berisi identitas buku beserta data, deskripsi, rekomendasi, dan penilaian yang disertai pertimbangan baik buruk terhadap buku tersebut. Identitas buku meliputi judul buku, nama pengarang, penerbit, tahun terbit, jumlah halaman, dan kota terbit disertai tahun. Jangan lupa, untuk identitas buku, cantumkan foto atau gambar cover buku yang diresensi. Deskripsi buku berisi gambaran secara umum isi buku tersebut seperti apa. Setiap bab diceritakan gambaran umumnya seperti apa. Jangan lupa, ceritakan pula gaya bahasa yang digunakan seperti apa. Setiap penulis memiliki gaya bahasa yang beragam.  Penilaian yang dilakukan pada resensi buku dapat berupa pendapat kita tentang buku tersebut, baik dari segi isi maupun gaya bahasa dan tulisan. Ide cerita pun dapat diberikan penilaian, apakah menarik atau tidak. Rekomendasi dapat diajukan apakah buku tersebut layak untuk dibaca oleh masyarakat atau tidak. Atau layak hanya untuk beberapa kalangan saja. Itu semua ditulis di berbagai rekomendasi. Sertakan alasan yang dengan bahasa persuasif dalam mengajukan rekomendasi.

Langkah yang dapat dilakukan dalam meresensi buku diantaranya; membaca buku yang menarik. Tentukan buku yang sekiranya jika dilihat dari judul sangat menarik. Langkah selanjutya, meringkas buku yang teloah dibaca. Tuliskan gambaran besar dari buku tersebut. Tahapan selanjutnya adalah menilai penulisan bahasa, gaya tulisan, ragam tulisan, dan sebagainya. Perhatikan baik-baik bahasa yang ditulis oleh penulis, apakah sudh baik dalam merangkai kata sehingga pembaca dapat mengerti atau tidak. Terakhir, tentukan baik buruknya suatu buku, dan merekomendasikan buku tersebut layak atau tidak untuk dibaca

Tidak ada komentar: